FRESH ME!!



Sebenarnya ini adalah foto iseng pada awal tahun 2008 lalu..
Ketika paman membeli sebuah kamera digital SLR. Yang jelas tidak mungkin kamera seharga hampir 6 juta rupiah itu tidak mempunyai kelebihan dibanding kamera jenis pocket dan semi SLR.
Walaupun kamera yang ada adalah ditujukan untuk starter ( pemula ) tidaklah mengapa ketika kita bisa memanfaatkan fitur yang ada dengan sebaik baiknya..
Nikon D40 mempunyai jangkauan speed yang lumayan maksimal adalah 1/4000 sekon. Ini berarti kecapatan buka tutup diafragma adalah 0,00025 detik..
Namum tidak mungkin saya menggunakan kecepatan tersebut.. Kenapa? karena dengan semakin cepat bukaan lensa.. cahaya yang masuk juga semakin sedikit..
Bahkan pada keadaan cahaya terik matahari pun gambar yang dihasilkan akan sangat gelap..

Maka eksperimen pun dilakukan.. dengan ISO standard sekitar 800, bukaan diafragma maksimal = 5,6 yang menyebebkan DOF ( Depth of Field ) Tinggi -fokus pada obyek dan kabur pada background, sekaligus memaksimalkan intensitas cahaya yang masuk-,
akhirnya saya mendapatkan speed yang maksimal untuk ukuran gambar dengan exposure tepat untuk pemotretan si bawah sinar matahari langsung pada siang hari..
yakni 1/2000 sekon..

Tidak usah ambil pusing untuk mengujinya..cukup bermain dengan pancuran air.Kebetulan ada adik ponakan yang siap untuk membantu menekan tombol shutter. Yap jadi deh..
Hasilnya benar benar seperti yang saya harapkan ^_^, ada yang punya pengalaman lain?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

chen aku jga mau difoto kayk gtu, klhatan sger chen.he...

Kharisma's Blog mengatakan...

masalahnya kameranya mau gak?? hehehehe

Posting Komentar