Tips Belajar Desain

Sering kali saya diajak berdiskusi dengan teman ( sesama pencinta desain ) mengenai tips belajar menjadi seorang desainer. Termasuk perlu tidaknya belajar secara formal di bidang desain.
Untuk menjadi seorang yang "bisa" di bidang desain ada beberapa tips yang biasa dilakukan temen temen daripada mengeluarkan uang untuk kursus atau bahkan kuliah desain.

1. Perbanyak referensi, gak bisa dipungkiri untuk menjadi "bisa" mendesain terlebih dahulu kita tau kayak apa desain yang baik dan lagi tren.
( jadi daripada uang digunakan buat kursus atau bahkan kuliah mending dibelanjakan buat langganan majalah desain macam concept, babyboss, atau bahkan majalah luar negeri macam advancedphotoshop dsb. ) Bisa juga dengan download majalah majalah desain e-book yang bejibun di internet.

2. Habis liat dan punya banyak referensi, tirukan yang anda anggap bagus. Ketika anda bisa menirukan desain seseorang berarti anda bisa "merasa" sudah "bisa" menyamai tekniknya.

3. Aktif di forum desain macam deviantart, indoCG, dsb berguna untuk menjalin relasi baik on line maupun offline yang berguna sebagai rekan yang membantu anda menjawab pertanyaan akan teknik yang belum anda kuasai maupun berinteraksi langsung dengan artis yang bersangkutan.

4. Setelah menguasai teknik lantas bikin karya anda sendiri ( ingat menirukan desain tadi hanya untuk latihan , bukan berarti anda berhak mempublikasikannya sebagai karya anda ). Hal yang paling mahal dalam sebuah karya desain adalah ide, jika anda merasa out of idea, hal yang biasa saya lakukan adalah melihat ke
banyak referensi mengambil beberapa konsep desain yang berbeda dari banyak desain dan menggabungkannya menjadi satu ide baru. ^_^

5. Perbanyak stock ( image resources ) anda. Bisa didapat dari internet dan forum forum. Atau bahkan anda bisa membuat / melakukan pemotretan sendiri. Namun di luar sana sudah banyak yang menyediakan. Mubadzir tidak dimanfaatkan ^_^

Yup.. sekian dari saya. Dan the last but not least, rajin rajinlah mempublikasikan hasil karya anda. Di samping bisa memberbaiki kualitas dari saran dan kritik yang melihat juga sebagi ajang promosi. sapa tau ada yang berminat dengan gaya desain bahkan hasil karya anda. Selamat belajar desain mendesain. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar